Menu

logo
Home Alumni Activities Kumpul Lurah Angkatan

Kumpul Lurah Angkatan

Mengawali kerjanya, Pengurus IKA-PPM periode tahun 2016-2019 yang diketuai Bpk. Prabowo B. Santoso (WM-24), melakukan gebrakan dengan kegiatan Kumpul Lurah Angkatan (KLA) PPM. Sebagai program perdana pengurus yang telah dilantik oleh Ketua Yayasan PPM tanggal 7 November 2016 itu, kegiatan KLA merupakan kombinasi pertemuan dengan koordinator atau perwakilan angkatan pendidikan di PPM untuk peluncuran program kerja serta memperoleh masukan dari sebanyak mungkin alumni, fun golf, dan makan malam bersama. Keseluruhan acara diselenggarakan pada hari Kamis, 15 Desember 2016 di Senayan National Golf Club (SNGC).

Acara dimulai dari siang hari dengan Fun Golf 18 holes, diikuti oleh 14 pegolf alumni PPM. Para pegolf yang sudah hadir melakukan registrasi dan mendapat pembagian goodie bag yang berisi berbagai souvenir termasuk kaos seragam dan handuk. Meski jumlah pegolf sangat jauh dari perkiraan semula, namun tidak mengurangi semangat dan keceriaan para pegolf peserta Fun Golf. Sempat turun hujan, namun tidak lama, sehingga seluruh peserta dapat menyelesaikan pertandingan secara penuh hingga pukul 17.30 WIB.

Keluar sebagai juara Best Nett Overall Bpk. Sofyan Rais (MM-20), disusul Runner Up I (Juara Flight A) Bpk. Muhammad Helmy Fajar (MM-20), Runner Up II (Juara Flight B) Bpk. Todo Panggabean (MMREI-2), dan Runner Up III (Juara Flight C) Bpk. Suwirman (WM-23). Keempat juara mendapatkan hadiah trofi yang diserahkan oleh Ketua Umum IKA-PPM dan Direktur Eksekutif PPM yang baru, Bpk. Bramantyo Djohanputro (WM-18A).

Paparan dan masukan
Para Lurah atau yang mewakili Angkatan PPM yang tidak bermain golf (non-golfer) mulai berdatangan dan mendaftarkan diri sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka langsung membaur dengan para pegolf yang baru menyelesaikan Fun Golf dan berganti baju memakai kaos seragam putih berlogo IKA-PPM dan STM-PPM.

Sebelum makan malam bersama pukul 18.00 peserta Kumpul Lurah Angkatan dihibur oleh organ tunggal lengkap dengan vokalisnya. Tidak ketinggalan para PPM Idol pun diminta dan meminta untuk menyumbangkan suara emasnya, silih-berganti. Tampil di antaranya Bu Dolly A.P (MM-20) yang juga bertugas sebagai MC malam itu, Bpk. Bob Iskandar, Bpk. Bramantyo D, Bpk. Todo Panggabean dan yang lainnya.

Kegiatan ini bertujuan mengumpulkan sebanyak mungkin para Lurah dan/atau wakil angkatan Alumni, Golfer dan Non-Golfer, untuk berkenalan dengan Pengurus Baru, ajang asah keterampilan para golfer Alumni, dan sosialisasi Rencana Kegiatan 2017 dan masukan dari Alumni PPM. Ketua Umum Bpk. Prabowo B. Santoso (WM-24) dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua undangan dan memperkenalkan seluruh anggota Pengurus yang hadir saat itu. Setelah itu memaparkan Program Kerja yang akan dilaksanakan dalam tahun 2017 dan mengajak semua yang hadir untuk memberikan masukan.

Dalam kaitan dengan program kerja yang salah satunya adalah membangun database alumni secara online, tim yang telah ditunjuk dari pihak PPM menyampaikan status kemajuan pembuatannya. Ditargetkan pada awal tahun 2017 database sudah dapat diisi secara online oleh setiap alumni.

Masukan dari perwakilan alumni pun cukup banyak dan menarik. Alumni yang berstatus staf di PPM, menghimbau IKA-PPM agar alumni menyediakan tempat kerja praktek di perusahaannya bagi mahasiswa SMB yang memerlukan. Juga diharapkan IKA dapat menjaring alumni yang bermukim dan bekerja di luar negeri.

Dalam bidang kewirausahaan, ketua bidangnya Bpk. Edijanto Widaja (WM-14/MME-06) merencanakan membuat gerakan PPMpreneur, tempat bertemunya ide-ide kreatif untuk membuat dan menjalankan bisnis secara mandiri. Bidang Wirausaha akan membuat website khusus untuk mewujudkan program menarik tersebut dan direncanakan pada kuartal pertama tahun 2017 sudah meluncur.

Sebelum paparan program kerja 2017, diperkenalkan pula seluruh Lurah dan perwakilan angkatan yang hadir, baik dari WM, MM, maupun SMB. Sekaligus dilakukan foto bersama seluruh perwakilan angkatan tersebu.

Door prize dan foto bersama
Secara umum, acara demi acara berlangsung dengan lancar, santai, dan meriah, karena selain MC Utama, Bu Dolly A.P (MM-20), sesekali tampil MC Pendamping, Bpk. Hari Tanjung (MME-23), yang dengan kocak bersahut-sahutan dengan MC Utama.

Acara Kumpul Lurah dibuka menjelang pukul 19.00 WIB oleh MC, dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia, Bpk. Wahyoe Prawoto (WM-14) yang juga Ketua Bidang Sosial dan Rekreatif, bidang yang diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan perdana ini. Di bidang Sosrek ini ada 3 anggotanya yaitu Ibu Sian Christine Wiradinata (WM-22), Ibu Erna Erlanwaty (WM-24), Bpk. Dani Hamdani (MME-55).

Di sela paparan dan diskusi, door prize yang sudah disiapkan dibagikan dengan cara penarikan kartu nama yang sudah dikumpulkan dalam 2 bowl, bowl pegolf dan non-golfer. Selain barang-barang yang dijadikan door prize, yang juga menarik dari mata acara ini adalah jumlah barang yang tersedia lebih banyak dari jumlah peserta yang hadir. Untuk para pegolf disediakan hadiah khusus dan diundi lebih dulu. Enambelas (16) barang diundi untuk 14 pegolf yang berarti lebih 2 barang sehingga ditunda dulu untuk diundi pada putaran berikutnya.

Lucky draw
Begitu pula barang untuk non-golfer, tersedia 64 barang untuk 63 peserta, sehingga masih ada 1 barang yang ditunda untuk penarikan berikutnya. Alhasil, bukan hanya seluruh hadirin mendapat hadiah, bahkan terdapat beberapa hadirin yang mendapatkan lebih dari 1 jenis barang. Seperti dijelaskan sebelumnya, seluruh yang hadir diberi goodie bag, sehingga hadiah undian merupakan souvenir dan tanda terima kasih tambahan dari penyelenggara kepada peserta Kumpul Lurah Angkatan. Goodie bag-nya disponsori PPM berisi ballpoint dan brosur, lalu handuk dari sponsor Kotaminyak, dan kaos dari sponsor Samudera Indonesia dengan bordiran logo IKA-PPM dan STM-PPM.

Sebelum acara ditutup sekitar pukul 21.15 WIB, seluruh peserta yang masih berada di ruang acara berfoto bersama dengan kaos seragam yang telah dibagikan saat registrasi.

Terima kasih kepada Sponsor dan Donatur
Pengurus IKA PPM dan Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para sponsor dan donatur yang telah turut mensukseskan program pembuka pengurus baru ini. Mereka adalah Kotaminyak, Samudera Indonesia, Damai Indah Golf PIK, Damai Indah Golf BSD, Ciputra Golf Surabaya, Lotuslakes Golf Club, Imperial Golf, Rainbow Hill, BTN, Bpk. Arwani, Tabloid Kontan, Bpk. Sofyan Rezanova, dan Ibu Susy Darmayanti.

Ucapan terima kasih yang sama disampaikan kepada PPM yang selain souvenir dan hadiah undian, juga membantu menyediakan beberapa perlengkapan, transportasi, dan SDM.

Kenapa disebut Lurah?
Dalam edarannya lewat milis Alumni maupun di grup instant messaging whatsapp, Ketua Umum yang baru, Prabowo B. Santoso (WM-24), menjelaskan bahwa di berbagai ikatan alumni, ikatan di angkatan itu luar biasa rekatnya, mengalahkan kekuatan ikatan satu jurusan atau program studi. Meski tdk disebutkan dalam struktur atau sebagai unit di AD/ART, tapi komunitas angkatan itu tidak pernah dipandang sebelah mata.

Pada kepengurusan baru 2016-2019, kekuatan angkatan itu sejak awal diidentifikasi sebagai kunci keberhasilan program2 kegiatan IKA-PPM. Pengurus baru bermaksud memperkenalkan istilah “Lurah” utk penyebutan Koordinator atau Ketua Angkatan, baik di WM, MM, maupun SMB.

Penggunaan istilah Lurah ini utk meningkatkan rasa guyub di antara Pengurus dengan komunitas Angkatan dengan Lurah sebagai jembatannya.

Bukankan setiap angkatan sudah mempunyai Koordinator atau Ketuanya, formil maupun informil? Mereka inilah para Lurah Angkatan. Bapak Ketum mempersilahkan membentuk kelengkapan lainnya bila diperlukan, supaya setidaknya ada yang mewakili Lurah bila berhalangan, misalnya Wakil Lurah, Sekretaris dan Bendahara. Mereka inilah para pengurus Kelurahan Angkatan PPM.

Pertemuan pertama para Lurah inilah yang dilakukan di Senayan tersebut pada acara kick off Program IKA-PPM 2016-2019. (Bidang Sosrek IKA-PPM; foto: Arif/Humas PPM)