Menu

logo
Home Inspirations

Strategi Inovasi Untuk Emerging Market

Inovasi merupakan kata yang sering diucapkan dalam lingkup bisnis, terutama bila ingin memenangi persaingan. Perusahaan yang tidak melakukan inovasi, lambat laun akan tersisihkan dan mati. Inovasi yang berhasil tidak hanya mengandung keberhasilan ekonomi namun juga keberhasilan sosial. Inovasi yang berhasil adalah inovasi yang menciptakan nilai lebih besar untuk konsumen, komunitas dan lingkungan pada saat yang sama (Fontana, A., 2010). Keberhasilan inovasi didukung dengan implementasi strategi inovasi yang berbeda.

Readmore

Asa Bagi 2015

Tahun 2015 tinggal hitungan hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, 2015 dipandang lebih istimewa, sebab di tahun ini rencana integrasi ekonomi ASEAN akan segera diterapkan. Itu berarti ada setidaknya 12 sektor pertama yang akan menerapkan prinsip perdagangan bebas, di mana arus faktor produksi diberi tarif nol dan kemudahan-kemudahan lainnya.

Readmore

Harga Premium dan Alokasi Risiko

Harga BBM bersubsidi menjadi masalah karena anjloknya harga minya dunia yang sangat drastis, yang merupakan salah satu pemicu demonstrasi dan kritik beberapa kalangan, dan ketidakpuasan sebagian masyarakat, baik penerima maupun bukan penerima BBM subsidi. Persoalan tersebut bisa diminimalisasi bila pemerintah menerapkan model subsidi konstan dengan harga mengambang. Dengan mematok harga BBM subsidi tetap pada delapan ribu lima ratus rupiah per liter, model ini memudahkan komunikasi kepada masyarakat, sekaligus membantu masyarakat pengguna BBM subsidi dalam melakukan alokasi anggaran belanja rumah tangga.

Readmore

Sharing: Transformasi dari Kepemilikan menjadi Akses

“Sharing everything,” begitu kata Jeremy Rifkin penulis buku Best Seller The Third Industrial Revolution menulis dalam bukunya yang terakhir The Zero Marginal Cost Society setelah melihat semakin menyebarnya budaya sharing. Dampak kemajuan teknologi informasi yang begitu luar biasa menyebabkan banyak hal yang tadinya hanya dalam pikiran dan hipotesa akademis para ahli, akhirnya terbukti secara nyata. Fenomena berbagi (sharing) adalah salah satunya.

Readmore

Rencana Takkan Bermakna Tanpa Eksekusi Jitu

Pada penghujung 2014 banyak perusahaan tengah ‘bergulat’ dengan pemilihan strategi yang tepat di era integrasi ekonomi ASEAN tahun depan. Masyarakat Ekonomi ASEAN telah menciptakan tuntutan agar manajemen (baca: pengelola perusahaan) mulai berpikir untuk memberikan sentuhan ‘spesial’ di setiap strategi yang diusung.

Readmore
Page 3 of 9