Menu

logo
Home Inspirations

Melirik Strategi Perbankan di 2015

Gaung penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (baca: MEA) kini mulai terdengar santer. Berbagai kalangan menilai hanya bank yang benar-benar mampu mencetak produktivitas tinggilah yang akan mampu bertahan. Di sisi lain beberapa pemain besar, sebut saja Maybank dan DBS, kini tengah bersiap tuk mengembangkan sayapnya di nusantara. Alhasil perumusan strategi yang tepat akan mengantarkan perbankan nasional menjadi raja di tanah airnya sendiri. Lalu apa alternatif strategi yang dinilai tepat itu?

Readmore

The Lakban Technology

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya berbicara di sebuah hotel di Makassar, terjadi masalah dengan sound system. Masalah ini klise, karena sesuai pengalaman saya, hampir selalu terjadi jika menggunakan sound system standar hotel. Entah karena setelan mixernya kurang pas, colokan input dari komputer yang tidak sesuai, atau suara mendem, dan mike yang sudah kurang layak. Kebetulan masalah terakhir ini yang terjadi pada saya. Tujuh dari delapan mike yang ada dibebat dengan lakban, nampaknya karena baterai kurang kencang.

Readmore

Memasarkan Indonesia

Banyak orang masih memiliki persepsi keliru mengenai pemasaran. Pemasaran (marketing) disamakan dengan menjual (selling). Bahkan tidak sedikit orang menyamakan pemasaran dengan iklan atau promosi saja sehingga pada akhirnya akan berpendapat pemasaran hanya menghabiskan uang untuk beriklan yang tidak berujung pada peningkatan penjualan. Persepsi keliru kerap terjadi.

Readmore

Pentingnya Strategic Action

Sejak era 80-an, para pengelola perusahaan meyakini betapa pentingnya suatu perencanaan strategis. Beberapa alat manajemen mulai dari balance scorecard, Malcolm baldrige hingga konsep-konsep total quality management digunakan sebagai pendekatan guna memperoleh sebuah rencana bisnis yang matang. Namun kini selang tiga puluh tahun lebih, kehadiran rencana strategis yang baik tak lagi mampu menjamin bahwa setiap program telah mengarah pada target yang ditetapkan sebelumnya.

Readmore

Total Immersion

Berselancar di Youtube memang tidak ada matinya. Mulai sekadar iseng, mencari hiburan, mengundang inspirasi, merancang sebuah konsep, belajar suatu skill, atau sekedar iseng saja, keasyikan berselancar di situs berbagai video ini merupakan kemewahan yang hanya didapat di era baru. Statistik menunjukkan bahwa setiap bulan, lebih dari 6 miliar jam video telah ditonton oleh para netizen, yang artinya hampir 1 jam dibagi buat seluruh penduduk dunia. Fantastis bukan?

Readmore
Page 4 of 9