Menu

logo
Home Research & Case Center of Innovation & Collaboration (CIC)

Center of Innovation & Collaboration (CIC)

Innovation has become an important factor in improving the competitiveness of companies and industries. Research has shown that there is a strong correlation between the ability to innovate with the company's performance. However, there is no doubt that innovation in Indonesia is still far compared to some neighbor countries in Southeast Asia. In that context the Center for Innovation and Collaboration (CIC) PPM Management was established, in order to contribute in promoting and improving the ability to innovate industry and other business entities Indonesia.

 

Vision of CIC

Contribute to become a partner for companies and stakeholders in enhancing the innovation and collaboration of companies in Indonesia, also to increase the competitiveness of enterprises, which in turn will have an impact on the economic growth of Indonesia.

 

Beberapa Kegiatan CIC Activities

1. Launching CIC

Debut Seminar dan Launching CIC pertama kali dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2013, dengan judul “ Innovation & Collaboration of Indonesian-Based Enterprise: An Empirical Study”. Seminar ini membahas mengenai inovasi dan kolaborasi perusahaan di Indonesia berdasarkan riset dari CIC tahun 2013, yang bertujuan untuk mengetahui tipe dan proses inovasi perusahaan selama tiga tahun terakhir. Tujuan diadakannya seminar adalah untuk memperkenalkan CIC kepada kalangan pebisnis dan praktisi inovasi di Indonesia, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kepada responden yang telah berpartisipasi pada riset CIC. Seminar ini dikemas dalam bentuk panel diskusi dengan menghadirkan Gindo Tampubolon sebagai pembicara dan periset, Erlinda N. Yunus selaku  Koordinator CIC, dan Octa Melia Jalal selaku Staf Profesional PPM Manajemen dan Koordinator CHCD (Center of Human Capital Development).

2. COIN Forum (Collaboration and Innovation Forum)

COIN Forum merupakan forum berkala yang di prakarsai oleh Center of Innovation and Collaboration (CIC). Kegiatan Coin Forum menjadi “kendaraan” bagi CIC untuk meminta kesediaan para perusahaan yang belum berpartisipasi pada riset CIC tahun sebelumnya agar bisa menjadi responden untuk riset tahun selanjutnya. Pembahasan pada forum ini  antara lain sharing hasil riset CIC yang dibawakan oleh Erlinda N. Yunus dan Octa Melia Jalal, dan sharing praktek inovasi dari Nutrifood yang dibawakan oleh Mardi Wu, CEO PT Nutrifood Indonesia.

Bapak Mardi Wu memaparkan inovasi di PT. Nutrifood Indonesia

3. Mini Workshop CIC

Selain menyebarkan hasil riset pada forum seminar, CIC juga melakukan sebuah Mini Workshop yang mengangkat tema “Building a Fertile Organization for Innovation”. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjawab dan mewujudkan visi CIC PPM. Melalui Mini Workshop ini, CIC berharap pengembangan inovasi perusahaan bisa terwujud dengan baik dan bisa menghasilkan kemajuan di masing-masing korporasi.

Proses Ice Breaking Peserta Workshop oleh para fasilitator ( Dari Kiri ke Kanan: Ibu Octa Melia Jalal, Ibu Astuti Widyaningsih, dan Ibu Erlinda N.  Yunus)

4. Sharing Session Riset dengan Mahasiswa WM Sekolah Tinggi PPM Manajemen tanggal 20 Agustus 2014

Sharing session ini bertujuan untuk membangun awareness tentang pentingnya riset dan masih sedikitnya kontribusi Indonesia dalam jurnal penelitian di dunia. Pakar riset, Gindo Tampubolon menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan buncit dalam menghasilkan karya ilmiah. Dibutuhkan 107.000 orang (angka produktivitas kerja) untuk bisa masuk dalam 1 artikel jurnal internasional, jauh tertinggal dari Singapura yang hanya perlu 636 orang untuk menghasilkan 1 artikel.

Oleh karena itu, perlu suatu dukungan dari anak muda Indoensia untuk bisa merubah bangsa ini agar tidak selalu urutan buncit dalam hal penelitian. Dukungan dapat berupa produktivitas penulisan karya ilmiah ke jurnal internasional agar bisa mengejar ketertinggalan jauh dari Negara Asia lainnya.

5. Diskusi Panel Ahli HUT PPM Manajemen

Salah satu kontribusi CIC bagi perkembangan dunia bisnis dan akademis di Indonesia ialah melalui riset dan forum diskusi. Akhir tahun 2014, CIC kembali mengadakan Diskusi Panel ahli dengan mengundang para akademisi dan praktisi bisnis di Indonesia. Melalui tema “Peran Pemimpin dan Inovasi Perusahaan untuk Mendukung Daya Saing Bisnis di Era MEA 2015”, CIC ingin mengajak pengusaha dan pebisnis Indonesia untuk siap menghadapi persaingan MEA 2015.
Hadir sebagai pembicara Ismed Hasan Putro (Dirut PT RNI), Johari Zein (Direktur Eksekutif PT JNE), Yuswohady (Komunitas Memberi), Octa Melia Jalal (Staf Pro PPM – CHCD) , dan Erlinda Yunus (CIC PPM).

Diskusi Panel Ahli (dari kiri ke kanan: Johari Zein, Octa Melia Jalal, Pieter Gero sebagai moderator, Ismed Hasan Putro, Yuswohady)