Menu

logo
Home Tentang Dean's Note

Catatan Ketua Sekolah Tinggi

Sebentar lagi, PPM School of Management (PPM SoM) akan mencapai usia 50 tahun atau setengah abad. Sekolah ini adalah sekolah manajemen tertua di Indonesia.

Bila dibandingkan dengan sekolah bisnis Wharton di Amerika yang berdiri tahun 1881 atau sekolah bisnis Birmingham di Inggris yang berdiri tahun 1902, PPM SoM tentu masih teramat sangat muda. Apalagi bila dibandingkan ESCP (Ecole Supérieure de Commerce) Europe, sekolah bisnis pertama di dunia yang didirikan tahun 1819 di Prancis, kami masih sebatas konsep. Berkat Tuhan yang Maha Pengasih, kerja keras selama ini membuat PPM SoM tetap eksis. Ketika surat ini diketik, sertifikat akreditasi “A” bagi Program Studi Magister Manajemen kembali datang untuk ke empat kalinya (1999-2003, 2004-2008, 2009-2013, 2014-2018). Di PPM SoM, Keunggulan (kualitas) memang satu hal yang luar biasa penting, setelah Keluhuran (etika).

Berdiri atas gagasan para rohaniwan dan ilmuwan, dengan dukungan dana dari organisasi donor internasional dan organisasi keagamaan, nilai-nilai luhur mengalir jauh kebawah melindungi setiap bagian akar yang menancap kukuh, mengalir ke atas meneguhkan dahan, menguatkan ranting, dan mengembangkan daun PPM SoM. Kesederhanaan merupakan hal yang sulit dibantah saat timbul riak bahkan gelombang yang mendesak dan menggugat untuk meningkatkan jumlah mahasiswa, melakukan ekspansi sekolah ke berbagai lokasi, membangun gedung tinggi, atau membangun kemewahan di setiap sudut. Di sekolah ini, diajarkan konsep “Cukup” - tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, kami bangga menjadi yang pertama dan hingga kini adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil menerbitkan laporan perkembangan berkelanjutan (sustainability report). Yaitu laporan yang memuat kinerja organisasi dalam tiga aspek, yakni ekonomi, lingkungan, dan sosial.

PPM SoM dengan kurang lebih 700 mahasiswa, adalah sekolah mungil di kota Jakarta Pusat. PPM sering diplesetkan menjadi “Pojok Pengkolan Menteng,” karena lokasi kami memang di sebuah pengkolan (sudut) Jl. Menteng Raya, Jakarta. Di tempat ini secara berhati-hati dirancang kurikulum dan metode mengajar dengan basis pengalaman riset manajemen, konsultansi manajemen, asesmen eksekutif, dan executive coaching. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, kami mendanai sendiri seluruh kegiatan operasional. Nyaris tanpa dukungan finansial dari pihak lain, perorangan maupun perusahaan. Bahkan menyisihkan sebagian dana untuk memberikan akses pada calon mahasiswa pada pendidikan yang berkualitas.

Berhentilah sejenak di situs PPM SoM.

Di situs ini, bukan hanya informasi yang bisa diperoleh, juga artikel-artikel yang ditulis oleh para faculty member sebagai hasil interaksinya, terutama dengan para eksekutif di berbagai organisasi. Semua bisa belajar manajemen disini, bisa menikmati keunggulan yang kami bangun dari kesederhanaan.