Menu

logo
Home Kegiatan

Kegiatan Mahasiswa

PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PPM SCHOOL OF MANAGEMENT

 

PROGRAM S1

Mata Kuliah: Pengembangan Diri (Self Development)

Mata kuliah Pengembangan Diri (Self Development) bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa program S1 PPM School of Management dalam pengenalan potensi diri. Melalui kegiatan T-group, pembuatan Action Plan, dan mentoring, mahasiswa difasilitasi oleh para Mentor untuk mengenali diri, menemukan potensi, dan membuka diri terhadap lingkungan. Proses pengembangan diri mahasiswa PPM School of Management difokuskan pada pengembangan 4 (empat) soft skills, yaitu Percaya Diri (Self Confidence), Membina Hubungan Pribadi (Relationship Building), Kepemimpinan Tim (Team Leadership), dan Semangat Bertumbuh (Passion for Growth).

 

Mata Kuliah: Pengembangan Kelompok (Team Development)

Pengembangan Kelompok (Team Development) merupakan mata kuliah yang memberikan kemampuan kepada mahasiswa program S1 PPM School of Management untuk membentuk kelompok dan mempertahankan kinerja dalam berkelompok. Setiap kelompok yang terbentuk akan diarahkan potensi dan kerjasamanya agar dapat saling mendukung dalam merealisasikan suatu project/ event, dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Dengan difasilitasi oleh Mentor, mahasiswa dibekali kemampuan interpersonal, kerjasama, dan manajemen konflik dalam merancang, mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi penyelenggaraan suatu project/ event.

Mata kuliah Pengembangan Kelompok (Team Development) dilengkapi dengan metode experiential learning, melalui kegiatan Outward Bound Training. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa program S1 PPM School of Management menggali potensi diri dan kerjasama dalam beragam aktifitas di alam, yang dapat menunjang persiapan penyelenggaraan project/ event.

 

Mata Kuliah: Pengembangan Komunitas (Community Development)

PPM School of Management menyediakan program yang mampu membawa dampak positif terhadap pembangunan masyarakat di lingkungan sekitar, melalui mata kuliah Pengembangan Komunitas (Community Development). Dengan mengusung tema Pendidikan dan Usaha Kecil, mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan memimpin, membangun karakter, dan pemenuhan peran dalam pengembangan komunitas yang dilakukan secara berkelompok dalam kurun waktu tertentu. Melalui mata kuliah Pengembangan Komunitas (Community Development), mahasiswa program S1 PPM School of Management diharapkan mampu berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab, berperilaku positif serta produktif di masyarakat.

 

PROGRAM S2

WIJAWIYATA MANAJEMEN

Mata Kuliah: Kepemimpinan Diri, Kelompok, dan Komunitas

Melalui mata kuliah Kepemimpinan Diri, Kelompok, dan Komunitas, mahasiswa program S2 Wijawiyata Manajemen PPM School of Management diajak untuk mengenal potensi diri, belajar bekerjasama dengan orang lain secara efektif, mengembangkan kompetensi diri melalui kelompok kecil, serta memiliki kepekaan sosial atas komunitas masyarakat yang kurang beruntung. Proses pengembangan diri mahasiswa PPM School of Management difokuskan pada pengembangan 4 (empat) soft skills, yaitu Percaya Diri (Self Confidence), Membina Hubungan Pribadi (Relationship Building), Kepemimpinan Tim (Team Leadership), dan Semangat Bertumbuh (Passion for Growth). Dengan menggunakan metode T-group, pembuatan Action Plan, dan mentoring, mahasiswa difasilitasi oleh para Mentor untuk mengenali diri, menemukan potensi, dan membuka diri terhadap lingkungan

Salah satu metode yang digunakan adalah metode experiential learning, melalui kegiatan Outward Bound Training. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa program S2 Wijawiyata Manajemen PPM School of Management menggali potensi diri dan kerjasama dalam beragam aktifitas di alam.

Di akhir mata kuliah Kepemimpinan Diri, Kelompok, dan Komunitas, mahasiswa S2 Wijawiyata Manajemen PPM School of Management menjalani kegiatan Community Awareness. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dalam kelompok-kelompok kecil menyediakan program yang mampu membawa dampak positif terhadap pembangunan masyarakat di lingkungan sekitar. Diharapkan melalui kegiatan Community Awareness, mahasiswa memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar dan mampu memberikan kontribusi positif di masyarakat.

 

UNIT PEMBINAAN DAN PENEMPATAN

Kerja Praktek

PPM School of Management mewajibkan mahasiswanya menjalani Kerja Praktek di perusahaan yang merupakan bagian dari Tugas Akhir (Skripsi atau Thesis). Melalui Kerja Praktek diharapkan para peserta dapat mengenali praktek manajemen di perusahaan, mendapatkan wawasan bisnis dan manajerial yang aktual, mendapatkan peluang menerapkan konsep yang telah dipelajari, dan melatih profesionalisme dalam bekerja, agar pada waktu kerja nanti proses menyesuaikan diri dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan melatih dan meningkatkan keterampilan membina hubungan dengan orang lain (interpersonal skills) yang sangat mereka butuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif di masa depan.

 

Talent Fair


Menjelang akhir tahun, secara rutin PPM School of Management mengadakan Talent Fair. Kegiatan ini diadakan selama 4 hari (diadakan satu kali dalam setahun) diisi dengan beragam kegiatan yang dapat diikuti oleh peserta Talent Fair sebagai persiapan memasuki dunia kerja, di antaranya seminar teknik membuat CV dan menghadapi interview kerja, mock-up interview, drop CV (dihadiri oleh lebih dari 30 perusahaan), psikotes serta memotret talent mapping, yang dapat dipergunakan untuk menyusun rencana karir. Acara ini rutin diadakan untuk memfasilitasi para lulusan PPM School of Management dalam memperoleh pekerjaan.

 

Seminar/Workshop

PPM School of Management memberikan seminar atau workshop rutin bagi mahasiswa tingkat akhir, sebagai bentuk pembekalan persiapan memasuki masa Kerja Praktek maupun dunia kerja. Materi seminar atau workshop diberikan oleh para praktisi HR perusahaan dengan topik berupa teknik menulis CV, teknik wawancara kerja, dan penampilan kerja.