Menu

logo
Home Riset & Kasus RC-CCH

Research Center and Case Clearing House (RC-CCH)

RC-CCH merupakan salah satu unit strategis yang berada di bawah naungan PPM School of Management. Fungsi utama RC-CCH ialah untuk menghasilkan penelitian dan kasus manajemen bermutu yang bermanfaat  dalam proses belajar dan mengajar. Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang bisnis dan manejemen, RC-CCH juga memiliki misi untuk meningkatkan penggunaan kasus bisnis dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Lebih lengkap mengenai RC-CCH bisa diperoleh melalui tautan di sini.

Guna mencapai visi dan misi tersebut, RC-CCH telah melakukan berbagai kegiatan dan rangkaian acara seperti berikut ini:

1. Case Writing Workshop (CWW)

RC-CCH sesuai dengan misinya selalu berupaya menyelenggarakan pelatihan dan workshop, untuk mengahasilkan kasus Manajemen yang bermutu dan bermanfaat salah satunya melalui Case Writing Workshop (CWW). Untuk menghasilkan kasus bisnis lokal yang komprehensif, RC-CCH dibawah PPM School of Management, menyelengarakan CWW sebagai workshop yang memfasilitasi penulisan kasus secara berkala dari waktu ke waktu.

Case Writing Workshop merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh RC-CCH PPM School of Management dengan tujuan mendorong dan mempromosikan pengembangan bahan pengajaran berbasis kasus yang berkualitas tinggi dan relevan dengan perkembangan praktek manajemen dan bisnis khususnya untuk konteks Indonesia. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan kemampuan menulis kasus dari akademisi maupun praktisi manajemen dan bisnis di Indonesia.

 

Case Writing Workhsop diadakan pertama kali di tahun 2012 dengan menggandeng Asian Institute of Management (AIM). Pada tahun 2013 CWW kembali dilaksanakan bekerjasama dengan European Case Clearing House (ECCH) dan di tahun 2014 diadakan sendiri oleh PPM School of Management.

2. National Business Case Competition (NBCC)

RC-CCH juga berupaya mengembangkan diri dengan menyelenggarakan kompetisi berskala Nasional yaitu PPM National Business Case Competition (NBCC) yang dikhususkan untuk mahasiswa program sarjana S-1 di Indonesia.  NBCC adalah kompetisi kasus manajemen yang diadakan setiap tahun oleh RC-CCH degan menampilkan kasus nyata pada perusahaan Indonesia.
NBCC pertama diadakan pada tahun 2010 dengan tema “Road Toward The Future Leader” yang bekerjasama dengan Cipaganti Group Automobile Services, perusahaan transportasi terkenal dan berkembang pesat di Indonesia.

Pada tahun-tahun berikutnya, NBCC menjadi agenda tahunan yang selalu diselenggarakan oleh RC-CCH dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan asli Indonesia. Tahun 2011 NBCC dilaksanakan berkat kerjasama RC-CCH dengan Tempo Inti Media dengan mengambil tema “To Be an Innovative and Ethical Business Leader”.  Tahun 2012 PT. TIKI Jalur Nugraha Kurir (JNE)  menjadi sponsor utama NBCC dengan tema “Future Business Leader: Innovate to Lead”.

Pada tahun 2013, NBCC kembali diadakan dengan tema “Lead Transformation Trough Innovation” bekerjasama dengan PT. Sinar Sosro/Joy Tea Green Tea. Sedangkan, tahun 2014, RC-CCH bekerjasama dengan Express Transindo Utama atau dikenal dengan Taksi Express untuk mengadakan NBCC dengan tema “When Express Means Now”.

3. Regional Business Case Competition (RBCC)

RC-CCH juga mengadakan kompetisi kasus bisnis untuk mahasiswa pasca sarjana (S2) program bisnis dan manajemen untuk daerah Asia Tenggara dan China yang disebut PPM Regional Business Case Competition (RBCC). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam ketajaman analisa, memecahkan masalah dan membuat keputusan-keputusan penting yang banyak dilakukan oleh level manajerial perusahaan dalam dunia kerja.

Kasus-kasus Manajemen yang digunakan dalam setiap kompetisi merupakan kasus yang berhasil dibuat oleh tim penulis kasus PPM School of Management dan selanjutnya akan dianalisa oleh mahasiswa melalaui kompetisi ini.
Kompetisi RBCC pertama diadakan pada tahun 2010 dengan tema "“Innovative Young Leader with Strong Ethical Value” yang didukung penuh oleh Garuda Indonesia. Pada tahun-tahun berikutnya, RBCC menjadi agenda wajib RC-CCH dan menjadi sebuah ajang kompetisi kasus bisnis yang cukup bergengsi.

Pada tahun 2011, RBCC diadakan bekerjasama dengan Tiga Pilar Sejahtera Corporation dengan mengambil tema “Fostering Strategic Agility for Sustainable Business”. Sedangkan pada tahun 2012, RBCC mengangkat tema“Integrating Market and Competence-Based Advantages for Sustainability” bekerjasama dengan Taman Impian Jaya Ancol. Tahun 2013 RC-CCH menggandeng Cipaganti, perusahaan transportasi terkemuka Indonesia untuk menjadi sponsor utama dan mengangkat tema “Exploring Challengges and Opportunities in Emerging Markets: Focus or Diversify?”. Dan di tahun 2014 RC-CCH berhasil menggaet Bank Central Asia (BCA) the Largest Private Bank di Indonesia untuk menyelenggarakan RBCC dengan mengambil tema “BCA’s Employer Branding: The Challenge Ahead”.

4. Case Symposium (CS)

Sebagai pusat penelitian dan yang memproduksi kasus berkualitas tinggi, RC-CCH merancang dan menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung dua misi tersebut. Sebagai produsen kasus berkualitas tinggi, RC-CCH telah menyelenggarakan Simposium Kasus dalam bentuk pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara dan penulis kasus tentang kasus-kasus yang pernah dibuat oleh individu atau kelompok.

Case Symposium memaparkan informasi terbaru tentang kasus manajemen di Indonesia maupun di Asia dan di seluruh dunia, serta pemaparan informasi tentang pemahaman kasus berkualitas tinggi yang digunakan di sekolah bisnis. Event ini juga dimaksudkan untuk merangsang penulisan kasus manajemen yang berkualitas oleh para ahli/praktisi, akademisi, serta masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan pengetahuan manajerial, terutama bagi para praktisi.

5. Qualitative dan Quantitative Research Training Series (RTS)

RC-CCH rutin mengadakan pelatihan di bidang penelitian, baik penelitian secara kualitatif maupun kuantitatif. Training riset kualitatif dan kuantitatif ini ditujukan bagi dosen dan staff PPM untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap riset di bidang bisnis dan manajemen. Kegiatan pelatihan riset kuantiatif dan kualitatif tersebut dipandu oleh pakar penelitian yang diundang secara khusus untuk memberikan materi dan juga melakukan pendampingan. Peserta yang mengikuti program ini akan diberi tugas untuk melakukan sebuah penelitian dalam kurun waktu tertentu dan dibimbing oleh mentor dan tim pengajar yang berpengalaman.

 

 

 

6. National Management Research Conference (NMRC)

Sebagai pusat penelitian, RC-CCH rutin menyelenggarakan konferensi riset berskala nasional setiap tahunnya. RC-CCH melalui PPM School of Management juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi nasional di Indonesia, antara lain dengan Universitas Hasanuddin (2008), Universitas Parahyangan (2009), Universitas Sam ratulangi (2011), Universitas Sriwijaya (2013) dan Universitas Udayana (2014) untuk menyelenggarakan konferensi riset nasional dengan misi untuk menjaga keberlangsungan perkembangan ilmu manajemen.

National Management Research Conference (NMRC) pertama kali diselengarakan pada November 2007 di PPM School of Management dengan mengambil tema “Manajemen di Era Globalisasi”. NMRC yang kedua merupakan bentuk kerjasama antara PPM dengan Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin yang dilaksanakan pada November 2008 dan yang ketiga bekerjasama dengan Universitas Katolik Parahyangan Bandung pada November 2009. Di tahun 2010 NMRC dilaksanakn secara mandiri di PPM School of Management dengan mengusung tema “Sustainable Competitive Advantage in Challenge Market Environment”. Pada tahun 2011 NMRC diadakan PPM SoM bekerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi, Manado dan tema yang diambil kali ini adalah “Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015: Meningkatkan Keunggulan Bersaing Domestik”.

Pada tahun 2012 NMRC kembali diadakan secara mandiri di PPM School of Management dengan tema “Potensi Keunggulan Bersaing Lokal, Kekayaan Indonesia Menghadapi Persaingan Global”. Universitas Sriwijaya Palembang dan Universitas Udayana Bali menjadi mitra PPM School of Management untuk NMRC VII dan VIII dengan tema “Transformasi Organisasi dan Masyarakat Indonesia Berbasis Inovasi Kreatif” pada November 2013 dan “Inovasi Berbasis Kearifan Lokal” pada Oktober 2014 .

7. Researchers Bi-Monthly Meeting (RBM)

Selain aktif menghasilkan kasus-kasus manajemen, RC-CCH juga aktif untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. Sebagai tempat berkumpulnya para peniliti, RC-CCH secara aktif mengadakan pertemuan antarpeneliti melalui program Researcher Bi-Monthly Meeting (RBM). RBM merupakan Program Dwi Bulanan yang diselenggarakan RC-CCH PPM SoM. Program ini adalah suatu wadah bagi insan PPM Manajemen yang ingin berbagi ilmu dan pengetahuannya sebagai peneliti ataupun calon peneliti mengenai penelitian ilmu manajemen.
RBM merupakan program baru di RC-CCH yang dimulai pada  6 Februari 2014 yang mengambil tema “Mengenal Scientific Research” oleh Dr. Eva Hotnaidah Saragih, MA. Selanjutnya pada tanggal 13 Maret kesempatan bagi Dr. Ningky Sasanti Munir, MBA yang menyampaikan tentang bagaimana melakukan penelitian ilmiah melalui topic “Filsafat Ilmiah”.

Pada 22 Mei 2014 RBM dipandu oleh Abdul Wahid Monayo dengan topik “Mengenal Meta-Analysis”. Pada 29 Agusutus giliran Aprihatiningrum Hidayati, MM yang menjelaskan “The Impact of Collaboration on The Success of Marketing Innovation among Companies in Indonesia”. Sedangkan pada tanggal 31 Oktober 2014,  Wahyu T. Setyobudi, MM berbagai ilmu bagaimana menetapkan populasi dan sample dari sebuah penelitian lewat “Determining Sample Size: How to Ensure that You Get the Correct Sample Size”.

8. Visiting Profesor

Dalam rangka melaksanakan komitmennya untuk mengembangkan kasus dan penelitian di perspektif global, RC-CCH mengadakan program baru yang disebut Visiting Professor pada tahun 2012. Visiting Professor adalah sebuah program dalam mengembangkan penelitian, ilmu pengetahuan, dan metode dengan mengundang para ahli dari Indonesia dan luar negeri.

Pada awal tahun 2012, RC-CCH mengadakan program Visiting Professor dua kali, dengan mengundang David Gurteen, seorang ahli Knowledge Café dan Profesor Carmine Bianchi dengan System Dinamicsnya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai program pengembangan internal PPM Manajemen, ditujukan untuk para profesional dan staf khusus PPM Manajemen dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

Program Visiting Professor ini mendapat apresiasi positif dari para peserta sehingga program ini tetap berjalan sampai sekarang. Tercatat ada beberapa professor dari belahan dunia yang telah diundang melalui Visiting Professor antara lain Dr. Dinesh Sharma dari Binghamton University New York (2013), Murray McTavish, MBA., Ph.D. dari Trinity Western University (2013), Dr. ing. Martijn F.L. Rademakers dari Center for Strategy & Leadership Netherland (2013 dan 2014), Prof. John Norton, Ph.D. dari University of Missouri Kansas City (2014),  Dr. Anthony Kuo dari Fu Jen Chatolic University (2014), Prof. Nora Ann dari University of East London (2014).

 

PUBLIKASI

1. Case Catalouge

Dalam pembelajaran manajemen, kasus memberikan informasi yang berguna bagi peserta untuk mengidentifikasi isu-isu strategis, menganalisa organisasi/perusahaan/ industri situasi, sehingga menghasilkan alternatif untuk pengambilan keputusan perusahaan dan rencana kerja. Melalui kasus juga, diharapkan para peserta mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam bekerja diluar konsep manajemen dan teori diterapkan.

Metode kasus saat ini sudah dipakai oleh berbagai universitas dan perusahaan besar di dunia sebagai metode dalam menganalisis dan dalam pengambilan keputusan. RC-CCH mempublikasikan kasus-kasus manajemen dalam Case Catalog, yaitu hasil para penulis kasus di PPM Manajemen yang sudah berpengalaman dalam menulis kasus bersama perusahaan-perusahaan di Indonesia. RC-CCH menulis dan menjual kasus manajemen untuk keperluan pengembangan oganisasi bagi akademisi maupun praktisi di bidang manajemen.

RC-CCH PPM School of Management berkomitmen untuk menghasilkan kasus yang bermutu tinggi, menarik, dan merupakan kasus management yang mudah dibaca dari berbagai perusahaan di Indonesia sebagai kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan khususnya Manajemen. Melalui Case Catalouge, RC-CCH menyediakan solusi bagi para akademisi dan praktisi yang membutuhkan kasus untuk proses pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di Indonesia.

 

2. Journal of Management and Business Review (JMBR)

Dalam rangka menyebarluaskan pengetahuan mengenai ilmu Manajemen RC-CCH mendokumentasikan hasil penelitian dalam Jounal of Management and Business  Review (JMBR) yang telah memiliki ISSN. Jurnal JMBR ini secara bekala terbit dua kali setahun yaitu di bulan Januari dan Juli. JMBR pertama kali diterbitkan di tahun 2004. Hingga saat ini JMBR telah terbit sebanyak 12 Volume yang secara aktif didistribusikan ke perguruan tinggi di Indonesia.

JMBR diterbitkan dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil riset Manajemen dan tinjauan pemikiran bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak lain yang berminat pada riset Manajemen dan bisnis. Ruang lingkup bidang dari hasil riset yang dimuat dalam JMBR antara lain Manajemen pemasaran, Manajemen keuangan, Manajemen operasi, Manajemen sumber daya manusia, dan Manajemen strategic.